SELAMAT DATANG DI BLOG CAHAYA ELEKTRO....!!!


Rabu, 01 Mei 2013

TV SHARP QBEAT II MATI TERPROTECK

Kemaren siang dapat gebetan tv sharp qbeat2 dengan gejala mati standby alias terproteck, semua tombol di tv tidak berfungsi begitu juga dengan remote kontrolnya, tanpa pikir panjangpun tv langsung di bongkar abiez, setelah di teliti, hmm ternyata ini tv ud di bongkar sesama rekan teknisi, tapi sialnya komponennya banyak yang hilang, untung komponen yang umum aja di di ambil misalnya TR Horizontal, dan pendukung2nya, gila amat teknisi ini, pikir saya untung yang empunya gak tahu.. setelah komponen2 pendukung di lengkapi misal tr Horizontal saya ganti dengan C5296, agar awet, yang aslinya kecil, setelah di solder, tv pun di coba start, eh kedip2 terus dari hijau ke merah, dan dari merah ke hijau, garuk2 kepala saya jadinya,. Biasanya kalau sharp sering bikin protek dan membuat para teknisi mumet abiez lntaran tv sharp rajanya proteck tingkat tinggi.. Langkah awalpun di coba pengecekan di jalaur bagian horizontal karena rangkaian horizontal sering membuat tv terproteck, setelah di telusuri ternyata kerusakan terjadi pada oscilator yang putus tus, lalu ku bongkar, hanya putus dan bisa di sambung kembali, setelah penyolderan selesai tv pun saya start ulang kembali, krak. tv pun hidup dengan normal. gak sampe 10 menit mati standby lagi.. haduh apalagi nch tv rusaknya, akhirnya sayapun berjibaku mencari titik tegangan setiap output regulatornya, kemudian di temukan ic 090RDA1 yang ud ngos2an, yang seharus mempunyai tegangan 12V mennjadi 8V, setelah penggantian ic tersebut, tv di hidupkan kembali, setelah menunggu beberapa menit kedepannya, tv pun normal seperti biasa.
Tinggal menerima bayarannya lagi, sukses bagi anda semuanya..



PENTING!!!!!!!
Kerusakan mungkin sama, tapi cara penangannya mungkin berbeda

18 komentar:

  1. misi gan mau nanya klo tv merk SARP Qbeat 14" klo di star spekernya bunyi bleduk dan layarnya berkedip sebentar berwarna ungu langsung mati lg cuma indicatornya aja yg nyala kuning,,

    BalasHapus
  2. coba periksa tegangan outputnya apakah normal, tapi kemungkinan besar coba ulang lagi solderannya..

    BalasHapus
  3. matur tengkyu gan atas infonya akan saya coba,,,,nanti balik lg klo gha berhasil heehehe,,,

    BalasHapus
  4. kasus tv ane sama persis kaya gitu, apa hanya dua komponen tersebut yang harus di ganti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasus seperti ini boleh sama, tapi penangannya mungkin berbeda, coba ente periksa dulu tegangan regulatornya, normal apa gak....

      Hapus
  5. Adit Santoso@ smua bleh belajar asal ada kemauan dan kerja keras he..he..

    BalasHapus
  6. terima kasih Master,kasus persis sama...kerusakan juga sama...bedanya saya cuma ganti kumparan oscilatornya,,IC nya cuma dibersihkan pakai bensin..

    BalasHapus
  7. Bro mau nanya saya dapat tv sharp qbeat II pertama mati total kemudian ganti tr horisontal lampu indikator mnyala merah stanby kira2 bagian apa yang harus saya cek mhon bantuannya

    BalasHapus
  8. Ane mau tanya, cara atur channel bagaimana ya ?

    BalasHapus
  9. Aduh kang py ki tlng bnt dong... Ni kami lg dpt pasien tv shrp qbeat kerusakan matot. Wkt di hidpn led merah lalu hijau dan kembali merah lagi dn stnby...tlng dong...

    BalasHapus
  10. Kasus tv q lampu led mnyala merah lalu hijau bru bbrapa detik lmpu led kmbali merah...
    Kira kira d bagian mana tu gan yg hrus d hajar

    BalasHapus
  11. maaf mau nanya para tuser, saya punya kendala pada TV Sharp Q-beat2, lampu standby tidak nyala setelah saya pasang gacun capasitor 66uf/16v jebol, mohon bantuannya, trimakasih

    BalasHapus
  12. Gan mintak bantuan. Saya ada pasien tv q beat.. prtama kerusakan ada pada flibek bocor sampai pecah! Terus langsung saya ganti flibek baru langsung byarr gambar suara normal... Setelah nyala 3jam lalu protec, saya cek tegangan vidov 160v vertikal 20vol B+ 131vol tegangan IC 8.7vol power audio 12vol. Sayo obrak Abrik sampai ngeblak belum ada hasil. Minta saran bos biar gak protec

    BalasHapus
  13. Mau Tanya, tv sharp ku ada gambar tp tdk ada suara Ic TDA 7056a
    Sdh di Cek smua tp gk ada suara, di layar pun gk mncul tmpilan volume nya.
    Mohon solusi nya

    BalasHapus
  14. Tv saya qbeat2. 21"
    Tombol tombol manual sudah rusak kecuali on off powernya doang. Tv dlm kondisi off remotpun rusak pula, gimana solusinya gan?

    BalasHapus