SELAMAT DATANG DI BLOG CAHAYA ELEKTRO....!!!


Selasa, 25 Juni 2013

TV polytron MX standby led panel redup

Kasus Polytron seri MX  type MX5202 tidak pernah lepas dari kerusakan standby alias terprotek dan lampu panel agak redup, oleh para teknisi kasus seperti ini tidak asing lagi.
TV pun saya bongkar dan bersihkan main boardnya yang sudah penuh debu, pengecekan di mulai di bagian panel komponen-komponennya, kelihatan bagus tidak ada yang menandakan kecurigaan pada bagian komponennya,

Kemudian pengecekanpun beralih pada mainboard panel bagian bawah, terdapat banyak keretakan-keretakan, hmmm.. penyolderanpun langsung dilakukan, penyebab retak-retaknya solderan karena suhu panas yang berlebihan, saya kira tv ini mungkin sering hidup ketimbang matinya, buktinya hampir separoh semua komponen memiliki keretakan di bagian titik solderannya,.. setelah penyolderan selesai, tv saya coba di hidupkan, sang tv beraksi sedikit, karena ada percikan tegangan fbt terasa di tangan,Loh, tvnya masih belum mau nongol tapi ada perubahan sedikit lampu lednya bersinar agak terang sedikit,

Pengecekan berlangsung di bagian ic vertikal terdapat tegangan agak janggal, kerusakan ditemukan pada capasitor c401, dan c402 yang bernilai 1 mf 50v, setelah penggantian dua komponen tersebut, tv di coba lagi di nyalakan, waw malah ada getaran di bagian fbtnya, coba meraba ic vertikalnya dengan kode AN5522 terasa sangat panas sekali, karena ic vertikal dengan nilai tersebut jarang bisa di temukan, maka sobat bisa menggantinya dengan nilai LA78040, atau bisa juga LA78041, karena kaki pinnya hampir sama, setelah di ganti ic vertikalnya, tv mulai di start, kliks tv hidup blue sreen, tapi masih ada lagi masalah yang di hadapi, layar bagian atas bergaris2 seperti buku tulis, ini penyebabnya masih ada lagi tegangan yang tidak normal lagi di bagian ic vertikal, ternyata benar satu elco c408, bernilai 100mf 50v, kalau di lihat dari bagian atas tidak akan kelihatan, tapi setelah di bongkar ternyata bagian bawah uda mulai meledup, setelah penggantian si elco, tv mulai di start, kliks wowww, OSD nya muncul dengan normal kembali.. 
 dan nunggu bayarannya lagi....

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini..


PENTING.......!!!!

Semua kerusakan mungkin sama, namun cara penangannya mungkin berbeda..

2 komentar:

  1. Jika layar atas tdk mau penuh atau jika dipaksain bisa penuh tp gambar orang jd jangkung kira2 bagian mana dan apa penyebabnya gan?

    BalasHapus
  2. coba periksa dulu bagian vertikalnya mas, kemungkinan besar penyebab semua gambar tidak full di akibatkan oleh elco yang sudah mulai kering.. penting.. semua periksa dulu rangkaian vertikal kalau semua bagus, coba anda cek rangkaian horizontalnya..

    BalasHapus